Pria asal Makassar, Sulawesi Selatan pernah menjadi sorotan usai menggelar pernikahan dengan bule cantik asal Paris pada 2017. Seperti apa kehidupannya kini?
Ialah Rizal hamid atau yang lebih dikenal dengan nama Ijal Ricardo. Dia menikah dengan Julie seorang warga negara asal Paris.

Keduanya bertemu saat menghadiri acara yang sama di Padang, Sumatera Barat. Lalu Ijal dan Julie berkenalan saat sang musisi mengisi acara musik di Padang, sebagai gitaris. Dia tak sengaja diperkenalkan oleh Julie melalui istri dari rekan satu bannya, Redo Malano, usai manggung.

Istri Redo, Marine adalah warga negara Prancis yang mengajar di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Band Ijal dan Redo kerap diundang di berbagai kota.

“Awalnya biasa saja lama-lama jadi luar biasa, Julie istri saya mulai menatap mata aku dengan penuh makna dan arti saat aku perform di Padang, Bukit Tinggi,” ungkap Ijal kepada Wolipop melalui Email.

Kisah cinta Julie dan Ijal viral karena menjalin hubungan komunikasi dengan menggunakan aplikasi terjemah bahasa atau Google Translate. Sebab Ijal tidak mengerti bahasa Prancis, begitu juga sebaliknya. Hingga akhirnya keduanya saling berkenalan dan berkomitmen dalam sebuah hubungan.

Berbincang dengan Wolipop, Ijall mengungkapkan bagaimana perjalanan cintanya dengan Julie. Ijal mengatakan berbagai perbedaannya dengan Julie malah membuat mereka semakin erat dan saling memahami satu sama lainnya.

“Awalnya aku pikir akan kesulitan soal jarak, komunikasi, budaya. Tapi ternyata malah seru, justru malah perbedaan yang menguatkan kami,” ungkap Ijal.

Hubungan jarak jauh pun tak menjadi penghalang. Ijal mengungkapkan jika pernah mengunjungi Julie di Paris.

“Seru LDR-an, bisa ketemuan di Paris tiga kali dalam setahun. Kadang gantian Julie yang ke Indonesia, biar sekalian kenal tradisi, budaya, dan khas makanan Indonesia di berbagai wilayah,” jelasnya.

Ketika ditanya soal tanggapan dan restu dari kedua orangtua, Ijal menjawab, orangtuanya yang ada di Makassar, memberikan restu yang terbaik untuk anaknya. Begitu juga dengan orangtua Julie.

Lalu bagaimana kisahnya hingga Ijal dan Julie akhirnya menikah? Klik halaman selajutnya.

Ijal dan Julie Menikah

Seiring berjalannya waktu, setelah kerap berkomunikasi lewat aplikasi Google Translate, Ijal dan Julie perlahan mulai memahami bahasa dari masing-masing negara. Dan hubungan mereka semakin erat hingga memutuskan naik pelaminan.

Ijal dan Julie menikah pada 12 Mei 2017 di Paris. Tiga bulan kemudian keduanya mengadakan resepsi adat Bugis-Makassar pada 5 Agustus 2017 di rumah Ijal di Makassar. Mereka juga menggelar resepsi kedua di Hotel Pantai Gapura, Makassar.

Pria yang mempunyai pengikut lebih dari 17 ribu di Instagram itu menuturkan pernikahan yang digelar di Makassar digelar dengan adat Sulawesi. Pesta tersebut tak terlupakan karena Julie membawa keluarga besarnya dari Eropa datang ke Makassar.

“Julie menghadirkan keluarganya dari Eropa ke Makassar sebanyak 50 orang. Bahkan ada yang datang dari Italia, Amerika, dan Australia. Pada pesta kami semua tamu dari Eropa mengenakan baju bodo tradisional Bugis Makassar,” kenang Ijal.

Setelah menikah, Ijal tinggal di Prancis bersama Julie. Ijal pun menceritakan suka dan duka menjalani kehidupan rumah tangga beda negara.

“Sukanya kami bisa mengenal tradisi, budaya, dan bahasa masing-masing. Dukanya karena jauh dari orangtua dan keluarga tercinta saja dan juga jauh dari makanan enak dari Indonesia,” tuturnya.

Ijal dan Julie pun mencoba beradaptasi dengan kebiasaan baru. Setelah satu tahun menjalani hidup bersama di kota mode itu, Julie dinyatakan positif hamil dan mengandung buah hati pertamanya.

“Kalau nggak salah sekitar bulan Juni 2018. Tepatnya saat kami berdua liburan ke Oslo, Norwegia,” ujar Ijal yang terharu.

Keduanya pun dikaruniai seorang putra yang bernama Altan Martin. Berkat ketekunan dalam dunia musik, di Paris Ijal sukses sebagai penulis lagu, musisi, pengajar gitar dan tur keliling Eropa memperkenalkan budaya musik tradisional Indonesia.

“Sehari-hari aku mengajar gitar. Belajar di Greta Paris (formation Animateur artis). Aktif di kegiatan KKSSE (kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Eropa. Dan juga konser tahunan keliling Eropa memperkenalkan budaya dan musik traditional Indonesia,” jelas Ijal. Sedangkan Julie bekerja sebagai editor di salah satu media internasional di Paris.

Hingga kini Ijal mengatakan jika ia masih berstatus warga negara Indonesia. Meski sangat mencintai Julie, dia belum terpikir untuk pindah kewarganegaraan. Justru dia ingin membuat Julie dan anak-anaknya mencintai Indonesia.

“Jika mendapatkan pasangan kekasih beda negara, buatlah pasanganmu mencintai Indonesia, budaya kita, tradisi kita, dan mencintai keluarga kita yang terpenting. Jangan lupa ajak, ajarkan tentang keyakinan kita, ajak masuk Islam kalau kalian muslim,” pungkas Ijal.